Tuesday, March 6, 2012

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI 1

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis hal-hal yang berkaitan dengan tulisan didalam blog ini. Tulisan ini saya buat untuk melengkapi tugas kuliah saya, yaitu mata kuliah Etika Dan Profesionalisme TSI (softskill). Didalam blog ini terdapat tugas-tugas dari mata kuliah sofskill, dimana mata kuliah ini mahasiswa diwajibkan mem-posting tugas kedalam blog, yang kemudian di upload kedalam Studentsite Universitas Gunadarma.

Menurut saya tulisan-tulisan dalam blog ini masih terdapat kekurangan, diantaranya tulisan yang saya posting tidak semua merupakan hasil tulisan saya sendiri. Sebenarnya tidak masalah jika saya meng-copy tulisan dari blog orang lain atau sumber lain, tetapi dalam beberapa tulisan saya tidak mencantumkan referensi alamat blog atau sumber yang saya salin. Tetapi dibalik kekurangan itu terdapat kelebihan atau keuntungan yang saya dapat, walaupun saya meng-copy tetapi saya juga memilih, membaca, dan mempelajari apa yang saya salin. Kemudian kelebihan yang saya rasakan dengan mem-posting tugas (softskill) kedalam blog antara lain, mahasiswa mendapatkan banyak informasi dan pelajaran dari internet, hal ini membuat mahasiswa lebih aktif diluar lingkungan kuliah.

Sebagian besar "aturan" tentang menulis untuk ezines dan newsletter berlaku untuk menulis posting untuk blog Anda, tetapi ada beberapa perbedaan penting. Simpan 10 tips dalam pikiran dan Anda akan mempublikasikan konten blog besar yang menarik prospek dan klien di ceruk pasar Anda.

1) Menulis dengan pembaca dalam pikiran.

Ingat AMBAK? Ini jargon pemasaran untuk Apa Dalam Ini untuk Saya? Itulah yang harus Anda ingat. Pembaca Anda akan membaca posting Anda mencari apa untungnya bagi mereka.

2) Membuatnya berharga dan bermanfaat.

Jangan buang waktu orang lain. Jika Anda tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan, tidak masalah, banyak orang lain. Jadi berbagi artikel mereka, melakukan wawancara, meninjau buku.

3) Bukti-membaca untuk kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa mencolok.

Anda tidak akan pergi keluar rumah dengan rambut kotor atau hilang kaus kaki, jadi mengapa Anda mempublikasikan kesalahan ejaan? Menghormati pembaca Anda dengan polishing sampai barang-barang Anda.

4) Jaga agar tetap pendek dan sederhana.

Anda mungkin harus banyak berbicara dan berpikir itu menarik, dan mungkin. Tapi orang membaca online dan kehabisan waktu. Dapatkan untuk titik dengan cepat. Penerbitan tulisan pendek lebih sering adalah format yang lebih baik daripada menerbitkan artikel panjang setiap beberapa minggu.

5) Jaga agar tetap hidup, membuatnya tajam dan manis.

Bahkan jika Anda bukan penulis lahir alami, Anda dapat menulis untuk blog Anda. Hanya menulis seperti Anda berbicara kepada friend.or Anda untuk diri sendiri! Ingat juga, sampai ke titik dengan cepat. Perlu diketahui aturan wartawan dari 5 W yang di paragraf pertama: siapa, apa, mengapa, kapan dan di mana.

6) Menghubungkan sering.

Hal ini akan membangun kredibilitas dan posisi Anda sebagai ahli dalam bidang Anda. Orang tidak punya waktu untuk tahu apa yang orang lain lakukan, Anda harus memberitahu mereka. Menghubungkan ke blog lain dan website juga membantu Anda membangun jaringan rekan yang pada gilirannya akan link ke blog Anda.

7) Gunakan kata kunci sering.

Ini akan membantu Anda tetap pada tujuan, dan mesin pencari akan mencintai blog Anda. Peringkat Anda akan naik. Ini adalah salah satu alasan kami Anda menuliskan pernyataan tujuan Anda sebelum memulai blog Anda.Semakin jelas Anda tentang tujuan Anda, semakin konsisten Anda akan menyampaikan pesan yang tepat sasaran. Dan semakin sering kata kunci Anda muncul, semakin baik hasil mesin pencari Anda.

8) Menulis dengan jelas (kalimat-kalimat pendek, hanya satu konsep per kalimat).

Tidak berbicara ganda atau jargon;. Tidak lebih dari satu ide dalam satu kalimat-tidak membuat pembaca Anda harus berpikir tentang makna. Sendok makan mereka.Gunakan koma dan garis bebas.

9) Menulis seperti Anda berbicara.

Tidak apa-apa menggunakan ekspresi umum dari pidato. Contoh: Go angka. Jangan pergi ke sana. Sekarang, saya meminta Anda. Harus menyukainya, dan ingat kelompok usia pembaca anda.

10) Gunakan judul yang jelas, dan jangan takut untuk membuat pernyataan berani (tapi jangan menyesatkan orang baik).

Buatlah manis dan menggunakan kata-kata kunci. Contoh: Ex-Techno-Weenie Master HTML Kode

Setelah mengetahui aturan (etika) yang berlaku dalam menulis blog, saya akan berusaha memperbaiki tulisan-tulisan saya kedepannya agar pembaca lebih senang berkunjung ke blog saya. Jika saya ada kesempatan saya akan mengisi blog saya dengan tulisan-tulisan yang lebih menarik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Singkat kata saya akhiri tulisan saya, semoga bermanfaat untuk para pembaca.


referensi :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://website101.com/social-media/how-write-blog-writing/


No comments:

Post a Comment