Sunday, November 29, 2009

Hubungan Antara Konflik Dengan Keputusan dan Solusi Pada Suatu Organisasi

Konflik berasal dari kata latin configere yang artinya saling memukul.yang mana berarti konflik itu suatu usaha untuk menghancurkan atau menyingkirkan pihak lawan baik individu ataupun kelompok dalam suatu masyarakat. konflik di sebabkan oleh suatu interaksi antara sesama individu/kelompok tertentu dalam hal perbedaan baik itu pendapat, pengetahuan, kepandaian, adat istiadat dan lain-lain.
Faktor penyebab konflik bisa didasari oleh perbedaan individu, setiap individu mempunyai pendiriian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani hubungan sosial, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya. Lalu perubahan nilai-nilai yang begitu cepat dan mendadak dalam masyarakat, perubahan bisa terjadi kapan saja yang mana seseorang pun tak ada yang bisa meramalkannya, nah perubahan dapat di picu oleh konflik sosial.contohnya dalam masyarakat pedesaan yang dalam proses industrialisasi munculah konflik yang mana masyarakat tradisional di kenal dengan adanya bertani dan berlayar yang lalu berubah nilai-nilainya menjadi masyarakat industri.

Hubungan Konflik dengan Keputusan
Adanya konflik yang timbul dalam diri manusia pastinya didasari oleh keputusan apakah ia ingin berkonflik dengan manusia lain, contohnya dalam suatu acara perdebatan yang mana moderator memberi tema "ada apakah dengan negeri ini?" . Maka yang berdebat pun mempunyai prinsip dan ide masing-masing yang ingin di ungkapkan ke publik. Yang A berpendapat bahwa negeri ini sedang kacau, korup di mana-mana, banyaknya kriminalisasi,s edangkan yang B berpendapat bahwa negeri ini aman, sejahtera,d an tentram dengan menunjukan pendapatan perkapita negara pertahun dan keberhasilan negara dari segi perdagangan dan ekonomi. Mereka pun saling adu mulut dengan yakin bahwa pendapatnya benar. Maka dari itu timbulnya konflik pastinya di dasari oleh keputusan apakah ingin berkonflik atau tidak.



Solusi Konflik dalam Organisasi

Komunikasi itu penting dalam masyarakat,karena menyangkut ke sepahaman bahasa.kesalahpahaman bahasa dan simbol tertentu dapat menyebabkan konflik.karena itu peran media massa sangat di harapkan sebagai jembatan untuk menyatukan kesepahaman tata bahasa itu sendiri.

Dalam hal budaya pun bisa terjadi konflik,dalam hal ini setiap daerah mempunyai adat istiadat berbeda dengan daerah lain.maka dari itu setiap kita mengunjungi daerah tertentu yang mampunyai kebiasaan yang berbeda dengan kita di harapakan kita bisa menyesuaikan diri agar kita terhindar dari konflik budaya.

No comments:

Post a Comment